email us at
kab_jepara@pmi.or.id
call us now

(+62291) 593935

TERLIBAT DALAM PENCEGAHAN COVID 19, PMI KABUPATEN JEPARA MENDAPATKAN PROGRAM BERBASIS MASYARAKAT

Palang merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jepara mendapatkan program Penguatan Respon Masyarakat dalam Pencegahan Covid 19. Ketua PMI Kabupaten Jepara Sutedjo S.S menyampaikan program yang saat ini dilaksanakan oleh PMI Kabupaten Jepara merupakan program dukungan dari PMI Pusat dimana sumber dana yang digunakan berasal dari Korea International Cooperation Agency (KOICA) yang diperuntukkan bagi relawan di tingkat desa atau Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) PMI.

ā€œProgram akan dilaksanakan di dua desa yang berada di dua kecamatan yakni Desa Bangsri Kecamatan Bangsri dan Desa Tigajuru Kecamatan Mayong,ā€ kata Sutedjo. Dirinya berharap kegiatan yang akan dilaksanakan tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat. Program ini diawali dengan perekrutan relawan desa (SIBAT) di dua desa. Mengingat dua desa tersebut belum memiliki relawan PMI dan pada kesempatan ini diharapkan dapat menambah jumlah relawan desa (SIBAT) sehingga ketika di wilayah tersebut terjadi bencana sudah siap dengan relawannya.

Pemilihan dua desa tersebut bukan tanpa alas an, sebab selain memiliki dukungan dan respon yang sangat baik dari PMI Kecamatan dan pihak desa, kedua desa tersebut terpilih diantara 48 desa program yang dilaksanakan di 4 provinsi yakni Jawa Tengah, Jawa Barat, DIY dan Jawa Timur.

Kepala Markas PMI Kabupaten Jepara selaku Koordinator Lapangan dalam program ini berharap program ini dapat memberikan mandaat tidak hanya di desa program tetapi juga untukmasyarakat dan kedepan dapat mejadi tangan panjang PMI dalam melaksanakan tugas tugas kepalangmerahan. Tim Sibat sebagai kader PMI di lingkup masyarakat nantinya akan dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan terkait pencegahan Covid 19. Hasil dan implementasi dari pelatihan yang akan dilaksanakan di kedua desa tersebut, diharapkan dapat dipergunakan untuk mengedukasi masyarakat terkait dengan pencegahan Covid 19.

Untuk mensukseskan program ini, PMI bekerjasama dengan Satgas Kecamatan, Satgas Desa sehingga relawan PMI dapat membantu pemerintah melalui kader ā€“ kader yang terampil dan terlatih. (Rosi 27/8)

 
Facebook Google+ Twitter LinkedIn StumbleUpon Reddit

Komentar