email us at
kab_jepara@pmi.or.id
call us now

(+62291) 593935

Sejarah PMI Kabupaten Jepara

Pada tahun 1967 yang di prakarsai oleh dr.H. Much. Chamidun Kosim yang pada saat itu menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara, maka dibentuklah Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jepara dengan persetujuan Bupati Jepara dimana anggota Palang Merah Indonesia pada waktu itu diambil dari Pejabat dan Pegawai Pemerintah Daerah Kabupaten Jepara dan Pemerintah Pusat.
Setelah Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jepara terbentuk , maka diikuti dengan pembentukan Pengurus Palang Merah Insonesia (PMI) Kabupaten Jepara masa Bhakti 1967 - 1972 dimana dr.H. Moch. Chamidun Kosim sebagai Ketua nya.
Pengurus Palang Merah Insonesia (PMI) Kabupaten Jepara pada saat itu dilantik pada tangal 17 September 1967 di pendopo Kabupaten Jepara oleh dr.Brotoseno Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Jawa Tengah yang saat itu juga menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. Sejak itu, secara resmi berdirilah Palang Merah Insonesia (PMI) Kabupaten Jepara yang telah aktif dengan kegiatan-kegiatannya yang telah diputuskan oleh Pengurus Palang Merah Insonesia (PMI) Kabupaten Jepara pada masa itu.
Untuk pertama kali, Palang Merah Insonesia (PMI) Kabupaten Jepara belum mempunyai kantor sendiri dan masih dompleng dengan Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara. Sarana dan prasarana seperti mobil Ambulans dan perlengkapan pelayanan kepalangmerahan juga belum dimiliki.
Tugas harian Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jepara pada waktu itu dikerjakan oleh Ketua PMI yaitu dr.Much.Chamidun Kosim, Koeroto (Sekretaris II) yang pada saat itu menjabat sebagai Kepala Tata Usaha Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara dan Dana Budihadi (Bendahara RSU Kabupaten Jepara). Hal ini berjalan hingga tahun 1982; pada waktu Ketuanya dari Dinas Kesehatan yaitu dr.H.Much Chamidun Kosim selama satu periode dan dr.L.Sukri selama dua periode.
Pada periode 1982-1987, Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jepara dijabat oleh Drs.Muchtar Bahraq (Sekretaris Daerah), Sekretaris dijabat oleh H.Zainuri (Alm) pada watu itu menjabat sebagai Kabag Kesra dan Dana Budihadi sebagai Bendahara. Pada periode ini, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jepara membuat kantor sendiri di Kompleks RSU R.A Kartini.
Pada periode 1987-1992, Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jepara dijabat oleh Letkol Kadarman (Ketua DPRD Kabupaten Jepara, Sekretaris dijabat oleh H.Zaenuri (Alm) dan Bendahara H.Achmadi (Alm) anggota DPRD Kabupaten Jepara. Pada masa ini Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jepara mendapat bantuan sebuah mobil Ambulans dari Jasa Raharja.
Periode 1992-1997, Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jepara dijabat oleh dr.Gunawan W.S,DTMH,M.Kes (Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara), Sekretaris I dijabat oleh Hendro Susetyo, S.KM pegawai Dinas Kesehatan kabupaten Jepara sedangkan bendahara dijabat oleh H.Achmadi Anggota DPRD Kabupaten Jepara.
Periode 1997-2002, Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jepara dijabat oleh dr. Wahyudi Mars Kepala RSU RA Kartini; sedangkan Sekretaris dijabat oleh Drs. Haryono Kabag Kesra Setda Jepara dan Bendahara dijabat oleh Setyowati. Dalam pertengahan periode ini, dr.Wahyudi Mars pindah ke Banyumas dan penjabat Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jepara diserahterimakan kepada Wakil Ketua I yaitu Drs.H.M.Koeroto.Pada masa ini, Kantor PMI KAbupaten Jepara yang berada di Kompleks RSU R.A Kartini di gusur untuk perluasan Rumah Sakit, sehingga Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jepara harus pindah. Setelah dari Kompleks RSU R.A Kartini, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jepara diberi kantor oleh Bupati Kabupaten Jepara Gedung bekas kantor Perburuhan Tenaga Kerja yang berada di sebekah utara SMK Negeri 2 Jepara.
Pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jepara kemudian berinisiatif mengusulkan kepara Bupati Jepara Drs.H.Hendro Martojo, MM supaya Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jepara dibuatkan Kantor sendiri.Akhirnya permohonan dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jepara dikabulkan oleh Bupati Jepara kemudian diberikan tempat di kompleks RSI Sultan Hadlirin dan selesai di bangun dalam waktu 2 tahun. Gedung Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jepara diresmikan pada tanggal 3 Februari 2005 yang ditempati sekarang ini. Digedung baru ini kegiatan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jepara dapat berjalan dengan baik dan optimal
Pengembangan organisasi sedikit demisedikit ditingkatkan, sehingga pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jepara membentuk PMI di tingkat Kecamatan yang sampai sekarang masing - masing kecamatan sudah ada Palang Merah Indonesia (PMI). Dengan terbentuknya pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) di tingkat Kecamatan, maka pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) di tingkat Kabupaten dapat melaksanakan Mukerkab setiap tahun dan Musyawarah Kabupaten setiap 5 tahun sekali.
Kantor yang sekarang ini kurang memenuhi syarat dengan perkembangan UTD PMI yang perlu perluasan, maka Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jepara telah membeli tanah seluas ±900m² untuk kantor markas, sedangkan kantor sekarang diunakan khusus untuk UTD PMI. Untuk pembangunan gedungnya diajukan kepada Bupati lewat APBD Kabupaten Jepara. Semoga permohonan ini dapat dikabulkan sehingga kegiatan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jepara semakin maju dan berhasil secara optimal.

 
Facebook Google+ Twitter LinkedIn StumbleUpon Reddit

Komentar