email us at
kab_jepara@pmi.or.id
call us now

(+62291) 593935

PMI Layani Cek Golongan Darah Gratis Sebelum Perekaman KTP-el

JEPARA –  Golongan darah yang dimiliki seseorang tidak hanya sekadar menjadi identitas diri. Beberapa orang tidak peduli dengan golongan darah yang dimiliki, bahkan ada yang tidak mengetahui apa golongan darahnya sendiri. Penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara golongan darah dengan penyakit atau kesehatan tubuh. Ada banyak alasan sebenarnya bahwa seseorang perlu mengetahui golongan darahnya, diantaranya adalah Menolong kita ketika mengalami kecelakaan atau saat membutuhkan tranfusi darah.

Selama ini masih banyak Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) yang belum dilengkapi dengan data golongan darah. Padahal data ini sangat penting bagi pemegang KTP-el. Berangkat dari hal itu, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jepara bekerjasama dengan Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Jepara, melakukan pengecekan darah secara gratis bagi masyarakat sebelum atau yang akan melaksanakan perekaman KTP-el ditempat yang telah dijadwalkan oleh Disdukcapil.

Informasi pengecekan darah gratis sebelum perekaman KTP-el

pmi pak tejo - PMI Layani Cek Golongan Darah Gratis Sebelum Perekaman KTP-elHal ini sebagaimana disampaikan Ketua PMI Kabupaten Jepara Sutedjo S Sumarto, pada Rabu (20/11/2019), di Markas PMI Kabupaten Jepara. Dikatakan dengan adanya pengecekan darah gratis sebelum perekaman KTP-el ini, harapannya tidak hanya KTP-el yang mereka dapat, namun masyarakat akan mengetahui golongan darah masing-masing.

Sehingga sewaktu-waktu, jika ada keluarga atau orang lain yang membutuhkan darah, mereka tidak perlu repot lagi mengecek golongan darah karena sudah tertera dalam kartu kependudukan (KTP). “Kami berharap akan ada database, tentang golongan darah melalui data kependudukan,” katanya.

Pengecekan golongan darah gratis bareng Disdukcapil ini, sudah berlangsung sejak awal bulan November 2019. Sasaran utamanya adalah para perekam KTP-el baru yang ada di sekolah-sekolah/ madrasah, dan juga kecamatan dan desa. “Sejauh ini, ribuan orang lebih sudah memanfaatkan fasilitas tersebut,” kata dia.

Dikatakan Sutedjo, saat ini masih banyak KTP-el yang belum terisi data golongan darahnya. Untuk itu ia berharap, di tahun 2020 mendatang, semua pelayanan KTP-el keliling, bisa diikuti oleh pelayanan dari PMI Kabupaten Jepara untuk melakukan pengecekan golongan darah secara gratis.

Memang yang diutamakan dulu yang belum melakukan perekaman KTP-el, sehingga lambat laun semua KTP-el yang ada akan terisi data golongan darahnya” katanya.

Data golongan darah ini dibutuhkan dalam kelengkapan informasi yang ditampilkan di Kartu Tanda Penduduk (KTP-el). Kejelasan golongan darah dapat membantu pihak terkait jika terjadi hal yang tidak diinginkan oleh pemegang kartu tanda penduduk. “Silakan manfaatkan layanan ini bagi masyarakat yang belum mengetahui golongan darahnya” ujar dia.

Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk di Disdukcapil Jepara, Dasuki menambahkan, kerjasama PMI Kabupaten Jepara dan Disdukcapil ini pertama kali dilaksanakan di SMA N 1 Bangsri, pada Selasa (12/11/2019) dengan jumlah (130 peserta). Kemudian SMA N 1 Mlonggo (300 peserta), Kantor Kecamatan Bangsri (298 peserta), SMK Muhammadiyah Bangsri (100 peserta). “Untuk hari ini, Rabu (20/11/2019), di SMK N 1 Batealit dengan 100 peserta,” kata dia. (jepara.go.id)

 
Facebook Google+ Twitter LinkedIn StumbleUpon Reddit

Komentar