email us at
kab_jepara@pmi.or.id
call us now

(+62291) 593935

Stok Darah A dan O PMI Kabupaten Jepara Menipis

JEPARA Persediaan darah bersih untuk golongan A dan O di Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jepara setoknya menipis sejak beberapa hari terakhir. Hal itu salah satunya disebabkan karena meningkatnya permintaan dari pasien.


Kepala Markas PMI Jepara Rosi mengatakan, saat ini jumlah permintaan darah dari pasien memang mengalami peningkatan. Khususnya untuk golongan A dan O. Minimnya stok darah tersebut tidak hanya terjadi di Kota Ukir. Tapi juga terjadi di beberapa wilayah Jawa Tengah.


Kepala Unit Donor Darah PMI Jepara Agus Salim menyampaikan, selama satu pekan terakhir ini banyak permintaan darah bersih dari warga khususnya golongan darah A dan O.

Pihaknya belum bisa merinci secara pasti jumlah warga yang masih membutuhkan darah. Sebab, donor yang dilakukan beberapa merupakan donor Sukarela. Sehingga, dapat langsung diberikan kepada pasien siapa saja yang membutuhkan.

Dia melanjutkan, untuk menyikapi hal tersebut, pihaknya masih intens melakukan penggalangan donor darah dengan sistem jemput bola sesuai jadwal yang telah disusun. ”Agar stok darah kembali terpenuhi. Kami juga mengadakan mobile unit pengambilan darah ke beberapa steakholder,” ujarnya

Selain upaya jemput bola, PMI juga melakukan kerjasama dengan Dewan Perwakilan Rakyat untuk menjalin kerjasama dengan perusahan terkait dengan kegiatan donor darah dan membantu promosi kepada DDS misalnya dengan memberikan sovenir bagi golongan darah tertentu yang stoknya menipis selama persediaan masih ada. Selain itu PMI Kabupaten Jepara juga inten menginformasikan kepada kelompok paguyuban dan group golongan darah.

 
Facebook Google+ Twitter LinkedIn StumbleUpon Reddit

Komentar