email us at
kab_jepara@pmi.or.id
call us now

(+62291) 593935

Hujan Lebat di Jepara, Desa Kunir Longsor

Jepara, 15/1 Hujan lebat yang mengguyur sebagian kota di Jepara mengakibatkan jalan penghubung Desa Kunir Kecamatan Keling menuju dukuh Jehan menglami longsor tepatnya di Dukuh Jehan RT 1 RW 3 Desa Kunir Kecamatan Keling Kab. Jepara. Pengurus Palang Merah Indonesia melalui relawannya melakukan asesment kewilayah tersebut. Berdasarkan hasil asesment yang dilakukan oleh relawan PMI Kabupaten Jepara bersama TRC BPBD Kab. Jepara, SATGAS SAR, Koramil Keling, Polsek Keling, Jepara Rescue, Pemuda Pancasila Rescue, Pemerintah Desa, DPUPR Kab. Jepara di hasilkan bahwa terjadi longsor dijalan penghubung desa kunir menuju dukuh jehan tepatnya RT 1 RW 3 Desa Kunir. Kejadian tersebut terjadi pada tanggal 15 Januari 2019 waktu jam 07.30 wib. Volume longsoran mencapai panjang +_ 20m tinggi 15 m dan tidak ada korban jiwa.

Asesment Longsor Kunir - Asesment Longsor KunirSebanyak lima bangunan rumah terkena terkena dampak longsor, dengan kondisi 1 rumah rusak berat dan 4 rumah terancam longsor. Untuk nama warga yang rumahnya terkena dampak longsor desa kunir adalah diantaranya adalah rumah Mbah paimah/sutri (80) rt 1/3 dengan tingkat kerusakan rumah 80℅ (rusak berat) sedangkan rumah terancam longsoran diantaranya:

  1. Mbah ciplok (75)  rt 1/3
  2. Pak sutrisno (40)  rt 1/3 dengan anggota keluarga : Ahmad Sutrisno (40), Rustianah (35), Farid (15) sekolah Mts, Fathur (10) sekolah SD
  3. Pak Sarnoto (45) rt 1/3 dengan anggota anggota keluarga: Sarnoto (45), Wagisri (39), Rendik (14) Tidak sekolah (kebutuhan khusus)
  4. Salib (55) rt 1/3 dengan anggota keluarga: Salib (55), Wagisri (50)

Untuk mengantisipasi korban dampak longsoran, untuk sementara 9 orang (4 KK) warga tersebut diungsikan kerumah keluarga dan tetangga yaitu ke rumah bpk. Paini dan Wardi. Jika hujan terus mengguyur dimungkinkan akan terjadi longsor susulan karena masih ada retakan tanah sekitar 64 meter yang masih berpotensi terjadi longsor kembali.

Bantuan Longsor Kunir - Bantuan Longsor KunirKebutuhan sementara untuk membantu mengatasi dampak longsor tersebut adalah Alat berat untuk membersihkan tanah dan bebatuan akibat longsor serta kebutuhan logistik untuk korban yang terkena dampak. Bantuan yang sudah dikirim dari BPBD Jepara diantaranya adalah Logistik dasar dan selimut. Dan dari PMI Kabupaten Jepara langsung mengirimkan bantuan berupa Family Kit dan Uang tunai diserahkah langsung kepada Ibu Paimah.

Kebutuhan selanjutnya untuk membantu daerah dan warga yang terkena bencana tersebut adalah:
1. Kawat bronjong 250 buah/lembar
2. 1 eskavator (uk. tanggung) akses via kaligarang
3. Karung plastik/sak 300 lbr
4. Logistik

 
Facebook Google+ Twitter LinkedIn StumbleUpon Reddit

Komentar