email us at
kab_jepara@pmi.or.id
call us now

(+62291) 593935

Capacity Building dan Strategi Peningkatan Kualitas SDM PMI Jepara

Pada tanggal 21-23 November 2019, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jepara mengadakan kegiatan pengembangan kapasitas sumber daya manusia (SDM) relawan yang dilaksanakan di Pantai Bandengan Jepara, Jawa tengah. Kegiatan yang diagendakan sebagai pelatihan bagi relawan ini bertujuan untuk memelihara kemampuan para relawan PMI Kabupaten Jepara dalam melaksanakan pelayanan.

Selain itu, melalui kegiatan ini diharapan setiap relawan PMI dapat lebih saling mengenal satu sama lain melalui berbagai kegiatan keakraban dan materi pelatihan. Pengurus PMI Kabupaten Jepara bidang relawan Lulus S menyampaikan harapannya agar kegiatan pengembangan kapasitas relawan PMI Kabupaten Jepara ini dapat menghasilkan output yang baik dalam mencapai target pelayanan PMI Kabupaten Jepara melalui inovasi dan kerja sama tim yang semakin erat.

Water rescue PMI - Water rescue PMIDalam kesempatan ini, turut hadir sebagai instruktur dan narasumber, Wisnu Kepala BASARNAS POS SAR Jepara. Kehadiran instruktur dalam agenda kali ini semakin memperkuat tujuan kegiatan sebab para peserta kegiatan diberikan materi terkait teknik navigasi, olah perahu karet, kiat evakuasi diair dan menolong korban diair. Pada sesi capacity building, peserta diajak memahami 3 hal penting dalam penyelematan korban di air, yaitu kapasitas, motivasi, dan peluang yang saling berkaitan guna mendukung penyelamatan. Seperti kalimat pamungkas dari instruktur, “Motivasi diri ditentukan dari bagaimana kita memandang penting tidaknya hari ini”, peserta pun didorong untuk memiliki motivasi dan semangat kerja yang tinggi dalam setiap pelayanan. Tidak hanya didorong secara psikis, secara fisik pun peserta dimotivasi untuk hidup sehat guna mendapatkan tubuh yang bugar dan prima. Oleh karena itu, pada hari kedua pelaksanaan kegiatan pengembangan Capacity Building dan Strategi Peningkatan Kualitas SDM PMI Jepara, peserta diajak untuk senam pagi bersama, renang, olah fisik dan berjalan-jalan di sekitar pantai bandengan Jepara yang bernuansa asri. Udara segar dan kebersamaan yang terjalin antar relawan PMI Kabupaten Jepara semakin erat terjalin. Kegiatan semacam ini diharapkan akan dapat rutin dilaksanakan ke depan untuk mendukung peningkatan kinerja pelayanan PMI Kabupaten Jepara di tahun tahun mendatang

 
Facebook Google+ Twitter LinkedIn StumbleUpon Reddit

Komentar